Cara Mempercepat Booting Win 7



Seperti yang anda ketahui, Microsoft Windows 7 adalah versi baru setelah pendahulunya yaitu Windows Vista dan juga Windows XP. Operating system yang di desain untuk meningkatkan kualitas kecepatan, baik dalam melakukan booting-up, loading dekstop, running program serta penambahan efek-efek tampilan ini memang sangat menarik untuk digunakan. 

Namun sayangnya setelah anda menggunakannya selama 5 bulan, 6 bulan, atau 1 tahun, mungkin anda merasa kinerjanya menurun. Proses booting tidak secepat waktu pertama kali diinstal, running program juga sedikit lebih lama dari sebelumnya. Pernahkah anda mengalaminya ?

Bila pernah, sebenarnya itu bukanlah kesalahan dari operating system tersebut. Karena faktanya hal-hal berikut yang memang dialami oleh semua operating system. Alasan utamanya adalah karena terlalu banyaknya akumulasi sampah seperti registry tidak terpakai, history browser, cookies, program yang tidak berguna, virus, dll. Bila demikian bagaimana cara mengatasinya ?

Banyak cara yang dapat dilakukan tapi kali ini saya akan memberikan beberapa . Untuk lebih jelasnya, saya akan jelaskan di bawah !



1. Disabled Program Start Up yang Tidak Diperlukan.

Untuk kasus ini ibaratkanlah seperti mobil. Pada saat anda menggunakan mobil, baiknya anda perhatikan : Apakah saya perlu menyalakan AC ?, Apakah saya perlu menghidupkan pemutar musik ?, Apakah perlu saya menyalakan lampu di siang hari ?
Bila memang anda tidak memerlukannya, apa salahnya bila anda mematikannya. 

Bayangkan komputer anda seperti mobil tersebut. Pada saat komputer dinyalakan dan menjalankan Startup, ternyata banyak program-program yang berjalan sehingga membuat loading Startup anda menjadi lama atau bahkan sangat lama, tentunya anda bisa kehilangan mood anda saat itu juga.

Dalam hal ini saya menyarankan anda untuk menon-aktifkan atau disable program-program yang anda rasa tidak perlu pada saat komputer melakukan Startup. Caranya adalah sebagai berikut.
Silahkan anda klik tombol Start atau Tombol Windows.
Setelah itu ketikan Msconfig pada kotak search, Tekan tombol Enter
Maka akan muncul jendela System Configuration, kemudia anda pilih tab Startup
Kemudian silahkan anda buang tanda Centang dari program yang ingin anda non-aktifkan (Perhatikan gambar!)



Bila sudah selesai menentukan program mana saja yang ingin anda non-aktifkan pada saat Startup. Silahkan anda klik Apply kemudian klik OK.


2. Lakukan Clean Up pada Harddisk anda.

Setiap kali anda melakukan browsing atau anda menginstal dan meng-uninstal program dari komputer anda. Maka kegiatan tersebut akan menghasilkan registry-registry, cookies, cache yang biasanya tidak terpakai. Bila anda tidak pernah membersihkannya, maka jumlahnya akan semakin banyak dan memakan memory sehingga bisa berpengaruh pada kinerja Windows 7 di komputer anda. 

Jadi, bersihkanlah sampah-sampah seperti itu dengan cara melakukan Harddisk Clean Up. Caranya adalah sebagai berikut.
Klik tombol Start -- All Programs -- Accesories -- System Tools -- Disk Clean Up
Setelah anda klik maka akan muncul jendela kecil untuk memilih partisi Harddisk mana yang akan kita lakukan Clean Up. (Saya sarankan pilih drive : C), Kemudian klik OK
Maka akan muncul gambar seperti bawah ini. Pada jendela Disk Clean Up anda diminta untuk memilih file mana saja yang akan anda hapus/bersihkan. 
Bila sudah selesai memilih, silahkan klik OK dan akan muncul verifikasi lalu anda Klik Yes.



3. Lakukan Defragment Disk Secara Teratur.

Proses defragment ini bisa saya simpulkan dengan merapikan data yang terletak di harddisk sehingga kelak harddisk akan lebih mudah dalam membaca data. 

Anda tahu rak buku pada perpustakaan ? yang hampir setiap hari orang mengambil dan mengembalikan buku ke dalam rak tersebut sehingga susunannya pun akan terlihat berantakan bukan ?

Proses defragment secara fungsi hampir sama seperti itu. Dan frekuensi data defragment ini tidak ada patokannya. Semua tergantung keinginan anda. Kalau saya biasa melakukannya 10 hari sekali, karena saya sering menggunakan laptop saya, kurang lebih 5 jam sehari. Jadi saya rasa cukuplah bila saya melakukannya 10 hari sekali. Lalu, bagaimana cara defragment harddisk ? Berikut adalah caranya.

Silahkan klik tombol Start -- All Programs -- Accesories -- System Tools -- Disk Defragmenter
Maka akan muncul jendela baru, silahkan anda pilih partisi harddisk yang ingin anda Defragment.
Bila sudah silahkan anda klik Disk Defrag .



Silahkan anda tunggu prosesnya sampai selesai.


4. Gunakan Software Pendukung.

Gunakan juga software-software untuk melakukan checking terhadap permasalahan pada komputer. Seperti registry yang rusak maupun kesalahan lainnya. Kebetulan saya menggunakan Tune Up Utilites . Untuk software tersebut website resmi Tune Up menyediakan trial yang bisa anda download disini.

5. Pasang Antivirus pada Windows Anda.

Selain faktor-faktor di atas, ternyata ada faktor lain yang dapat mempengaruhi kinerja windows. Diantaranya adalah virus. Bila Windows anda terjangkit oleh virus seperti Trojan, Worm, Sality, Brontox, dll. Maka bukanlah tidak mungkin bila kinerja Windows anda bisa jadi memburuk. Oleh karena itu saya sarankan anda untuk menggunakan Antivirus Terbaik. Untuk daftar antivirus terbaik bisa anda baca di artikel ini.  Antivirus Terbaik ditahun 2012.

Sebenarnya tips yang saya bahas diatas adalah hanya sebagian kecil dari Tips Cara Mempercepat Windows 7. Namun saya menyimpulkan bahwa dengan melakukan tips di atas saya rasa cukup untuk membantu mempercepat kinerja windows. Mungkin bila anda memiliki tips lain, silahkan ditambahkan.

Selain itu Windows juga sudah mengeluarkan versi terbarunya yaitu Windows 8, yang mungkin membuat anda penasaran tentang bagaimana Perbandingan Windows 8 dengan Windows 7.

Semoga Bermanfaat
Share ''Cara Mempercepat Booting Win 7'' On ...

There are no comments for "Cara Mempercepat Booting Win 7"

Post a Comment

- - - No Spam - Dilarang Memakai Link ( Aktif / Mati ) - Bebas Asal Sopan - Berkomentar Sesuai Artikel - - -