Cara Mengatasi Galau



Bagi kamu yang masih galau. Berikut cara sederhana untuk menghilangkan rasa galau kamu.

"Ustaz, akhir-akhir ini hati Bunda seperti terserang virus galau: tidak tenang, gelisah, makan tidak enak, bahkan tidur juga tidak bisa nyenyak. Sering marah-marah dan mudah emosi. Tolong nasihati Bunda, Ustaz ..!" keluh seorang  jamaah selepas halaqah Shubuh.

Rasanya keadaan ini lumrah terjadi terhadap siapa saja. Bahkan, boleh dibilang manusiawi. Setiap manusia pasti akan melewati fase spiritual yang fathroh (menyimpang) dari kelaziman ini. Sebenarnya banyak faktor mengapa keadaan fathroh ini bisa melekat begitu saja terhadap manusia. Salah satu di antaranya adalah ketidaksiapan hati dan tergerusnya akar tauhid.

Hati dengan wataknya yang labil (taqallub, seakar dengan kata qolbun, hati) seharusnya bisa ditundukkan untuk tenang atau tumakninah jika saja rangsangan di luarnya bersesuaian. Di antara rangsangan hati untuk bisa tenang, selalu diajak ingat kepada Allah, zikrullah. "Dan hati mereka menjadi tenang dengan mengingat Allah. Ingatlah, hanya dengan mengingat Allah hati menjadi tenang." (QS ar-Ra'du [13]: 28).

Yang dimaksud akar tauhid adalah keyakinan yang sempurna kepada Allah bahwa semua keadaan terjadi atas izin dan pengetahuan Allah. Hati dan semua keadaan kita ada dalam pengawasan Allah. Tidak ada sedikit pun yang terlewatkan dari perhatian-Nya. Dia Maha Menatap dan Mahabijak. Mengapa tidak coba keluhkan di hadapan-Nya.

Pernah jamaahnya Ibnu Mas'ud RA mengeluhkan keadaan dirinya persis seperti Bunda di atas. Selepas taklim, jamaah tersebut merangsek ke hadapan sahabat Nabi yang mulia ini. Lalu Ibnu Mas'ud RA berpesan dengan tiga tempat yang harus didatangi.

Pertama, datangi majelis yang Alquran selalu diperdengarkan. Simak bacaannya dan jika mampu ikut bacaannya, niscaya kamu akan dapat rahmat ketenangan (QS al-Isra [17]: 82).

Kedua, datangi majelis ilmu yang para guru saleh menasihatimu dengan firman-firman-Nya dan sabda Nabi-Nya, niscaya ada tambahan ilmu yang mencerahkan. Al-'Ilmu nuurun, ilmu itu cahaya yang mencerahkan.

Ketiga, datangi alas sajadah di malam-malam munajatmu, niscaya keadaanmu meningkat dalam kedudukan yang semakin dekat dengan Sumber Ketenangan, Allah 'Azza wa Jalla (QS al-Isra [17]: 79).

Atas dasar itulah, "Cobalah Bunda mulai sekarang, sering mengeluh dan mengadulah kepada Allah, pemilik hati dan keadaan kita dengan belajar untuk istiqamah mendatangi ketiga tempat yang dipesankan Ibnu Mas'ud tersebut. Insya Allah ada ketenangan dan kebaikan yang dilimpahi keberkahan." Demikian pesan mengakhiri halaqah Shubuh di pagi itu. Wallahu a'lam.


Semoga Bermanfaat

Share ''Cara Mengatasi Galau'' On ...

24 Comments for "Cara Mengatasi Galau"

  1. sangan bermanfaat sekali , kebetulan saya lagi galau gara2 dianya ga peka (n) :v

    ReplyDelete
  2. wah perlu di coba nih mumpung ane juga lagi jomblo :v

    ReplyDelete
  3. Daya lagi galau. Tapi setelah baca ini sudah tidak galau

    ReplyDelete
  4. Daya lagi galau. Tapi setelah baca ini sudah tidak galau

    ReplyDelete
  5. thanks udh ngasih tau ngatasinnya gan ^^

    salam http://bsoshare.blogspot.com

    ReplyDelete
  6. bermanfaat sekali bisa jadi ref saya
    Visit terus ya + klik iklan :) http://cacakblogger.blogspot.com/

    ReplyDelete
  7. mantaf gan, untung aja ane gak suka galau :D

    ReplyDelete
  8. haha saya galau terus gan, nice info mksh by fbastiar.blogspot.com

    ReplyDelete
  9. Makasih gan , makin galau gak selesai² urusan ? :(

    ReplyDelete
  10. keren mas... semoga gak galau-galau lagi :D

    ReplyDelete
  11. saat hati gundah ya harus diobati dengan keagamaan agar menjadi tenang

    ReplyDelete
  12. wahh keren gan artikelnya.. sangat bermanfaat :D

    ReplyDelete
  13. no galau, tapi setidaknya bermanfaat lah buat kita hehe

    ReplyDelete

- - - No Spam - Dilarang Memakai Link ( Aktif / Mati ) - Bebas Asal Sopan - Berkomentar Sesuai Artikel - - -